Jumat, 03 Juni 2016

Mengenal Mesin Kemasan Hand Sealer dan Foot Sealer


Well setelah di artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai macam-macam mesin kemasan, maka kali ini kita akan membahas lebih detail mengenai mesin kemasan Sealer. Mesin kemasan sealer atau sealing merupakan salah satu jenis mesin kemas sederhana yang berfungsi untuk menutup rapat kemasan plastic dengan menggunakan metode heating Element. Metode heating element ini menggunakan media plat logam dengan ketebalan yang beragam sesuai dengan kebutuhan dan daya yang dimilki oleh mesin kemas tersebut. 

Mesin Sealer sendiri di bagi dalam beberapa jenis, ada Hand Sealer dan Foot Sealer..Kedua jenis mesin ini mempunyai fungsi dan cara kerja yang serupa yakni memanfaatkan element pemanas yang bisa membuat permukaan plastic menjadi lunak lalu di bantu dengan tekanan dari tangan/kaki anda, sehingga kedua permukaan plastic akan merapat sempurna, nah yang membedakan antara kedua mesin ini adalah cara pengoperasiannya. Oke untuk lebih mengenal kedua jenis mesin tersebut yuk mari sama” kita bahas



Hand sealer merupakan salah satu jenis mesin kemasan sealer yang mempunyai dimensi dan daya paling kecil, efisiensi mesin ini memang terbilang cukup baik jika di gunakan untuk kebutuhan rumahan. So bagi anda yang ingin memulai bisnis makanan ringan dengan menggunakan kemasan khusus yang bisa di sealer, maka mesin hand sealer ini sudah barang tentu wajib anda miliki. Hand sealer mempunyai aneka macam jenis dan ukuran yang bisa anda pilih, ada beberapa macam ukuran hand sealer mulai dari 25,30,40 dan yang paling panjang adalah 60 cm. Jenisnya juga berbeda-beda lho, ada yang menggunakan material Iron, ada Copper..ada yang sudah include dengan cutting blade ada juga yang belum. Sedangkan untuk bahan element hingga lapisan teflonnya tidak ada perbedaan, hanya ukurannya saja yang harus di sesuaikan.




Mempuyai fungsi dan cara kerja yang sama dengan Hand Sealer, bisa dibilang mesin ini merupakan alternative lain dari mesin sealer sederhana. Foot sealer memang di peruntukan khusus bagi mereka yang mempunyai kemasan dengan ukuran Vertikal dan berdimensi besar, sebut saja seukuran karung beras atau tepung terigu. Yang membedakan dengan Hand Sealer adalah cara pengoperasiannya,jika pada hand sealer anda bisa menggunakan tangan untuk proses penekanan / pressing kemasan, maka pada Foot sealer kedua kaki anda yang akan melakukan pressing terhadap kemasan. Secara konstruksi memang foot sealer di design khusus untuk kemasan” berat serta tinggi. Sama seperti “saudaranya”,Foot sealer memiliki ukuran yang beraneka ragam mulai dari 35 – 65 cm, sedangkan untuk Logam elemen dan lapisan teflonnya di pastikan mengadopsi material yang sama

Nah bisa dilihat bukan bahwa mesin Hand sealer dan Foot sealer mempunyai fungsi yang sama, namun bagi anda yang ingin memiliki mesin tersebut memang sangat di sarankan untuk menyesuaikan dengan produk yang di jual dan bentuk kemasan yang di pilih. Keuntungan memiliki mesin sealer murah seperti ini tentu merupakan asset yang berharga bagi anda pengusaha UKM rumahan, selain harganya murah factor lain yang membuat mesin sealer ini sangat di sukai adalah ketersedian spare partnya yang lengkap serta mudah di dapat.

Oke lain kali kita akan bahas lebih detail tentang mesin kedua mesin sealer ini…Semoga berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar