Jumat, 05 Agustus 2016

8 Jenis Mesin Kemasan Plastik


Macam – Macam Mesin Kemasan Plastik

Jika anda adalah seorang pengusaha di bidang kuliner pasti anda membutuhkan mesin kemasan plastik. Ada berbagai jenis mesin yang bisa digunakan untuk mengemas plastik. Memang penggunaan mesin kemasan sangatlah penting terutama bagi usaha anda yang memang sudah cukup maju dan membutuhkan mesin yang dapat bekerja untuk membantu anda dalam pengemasan. Karena proses pengemasan sudah tidak mungkin dilakukan secara full manual, anda harus menggunakan mesin yang tentunya dapat membantu anda dalam pengemasan. Kemasan yang paling mudah digunakan dan memiliki kualitas yang cukup baik tentunya adalah kemasan plastik. Kali ini Wiratech akan membahas mengenai berbagai jenis mesin kemasan plastik yang bisa anda gunakan.

berbagai jenis mesin kemasan plastik yang dijual wiratech


Mesin untuk kemasan plastik

1.       Mesin Sealer
Mesin sealer adalah salah satu mesin kemasan plastik yang bekerja dengan cara men-seal atau menyegel kemasan plastik yang anda gunakan. Penggunaannya juga terbilang mudah dan cepat. Tenaga listrik yang dibutuhkan oleh mesin ini juga umumnya tidak besar. Ada berbagai jenis mesin sealer yang bisa anda gunakan, diantaranya hand sealer, foot sealer dan continous sealer dimana perbedaannya hanya terletak pada cara pengoperasiannya.
2.       Mesin Vakum
Salah satu jenis mesin yang berfungsi untuk mengemas makanan dengan cara menyedot udara yang ada di dalam kemasan plastik. Gunakan mesin vakum bersama plastik vakum untuk mendapatkan hasil yang sesuai dan maksimum. Mesin vakum juga ada berbagai macam dengan berbagai kapasitas yang ada, tentunya saat memilih mesin vakum, pilih mesin vakum yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda.
3.       Mesin Skin Pack / Blister
Mesin skin pack bisa anda gunakan saat anda ingin membuat kemasan yang berukuran besar seperti spare part, batu batre hingga alat dan produk kosmetik juga bisa dikemas dengan menggunakan mesin skin pack ini. Terutama untuk bahan yang mengandung bahan aktif yang berbahaya juga banyak menggunakan mesin skin pack ini. Mesin ini bekerja dengan cara menyatukan dua jenis kemasan, umumnya jenis kemasan plastik dengan karton dengan proses press yang mirip proses laminating
4.       Mesin Shrink
Mesin jenis ini bekerja dengan cara mengepres kemasan plastik ke produk yang digunakan, persis seperti menggunakan plastik wrap hanya saja dengan mesin ini plastik akan merekat sempurna dan menutup seluruh permukaan produk. Mesin ini biasa digunakan untuk mengemas produk yang berukuran agak besar seperti kalender meja, buku dan lain sebagainya.
5.       Horizontal Wrapper
Mesin jenis ini hampir serupa dengan mesin shrink, penggunaannya pun terbilang mudah. Cukup dengan meletakan plastik dan produk yang akan anda gunakan pada mesin maka mesin akan berjalan secara otomatis dan mengepak produk anda.


Mesin untuk kemasan gelas

6.       Mesin Cup Sealer
Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan mesin kemasan untuk gelas atau yang biasa disebut dengan cup sealer. Anda mungkin sudah sering melihat mesin ini digunakan untuk industri minuman seperti jus atau milkshake. Dengan menggunakan mesin kemasan hand sealer maka anda bisa mengemas produk minuman dalam gelas anda dengan rapih dan menjadi tidak mudah tercecer.


Mesin untuk kemasan botol

7.       Mesin Induksi
Mesin jenis ini bekerja dengan cara menghantarkan panas secara induksi sehingga bisa memanaskan foil tanpa membakar lapisan plastik dan kertas di induksi linier. Penyegelan ini akan menghasilkan tutup botol yang rapat asal jenis plastik yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan anda.
8.       Mesin Penutup Botol / mesin capping
Mesin yang memang khusus digunakan untuk membuat kemasan botol. Mesin ini bekerja dengan cara merapatkan bagian penutup botol dengan mulut botol, prosesnya juga terbilang mudah dan singkat.
Itulah dia berbagai jenis mesin kemasan yang bisa anda gunakan. Baik untuk mengemas plastik, botol dan gelas. Nah Sekarang anda sudah bisa memilih mesin mana yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan anda. Pastikan anda membeli mesin kemasan plastik hanya di Wiratech dengan harga terjangkau dan kualitas terbaik.


--RAT-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar